Sailing Trip Pulau Komodo (Flores Bagian 3)

Ini dia tujuan utama kami, meet the dragons! Reptil purba yang selama ini cuma bisa kita lihat di tv, atau di koin 50 rupiah lama, sebentar lagi bisa kita lihat langsung di habitatnya aslinya, pulau Komodo. Dream come true banget!

Dari kampung Bena (postingan sebelumnya), kami melanjutkan perjalanan menuju pelabuhan Labuan Bajo untuk berlayar ke Pulau Komodo.  Dalam perjalanan ke Labuan Baji, kami sempat singgah di Cancar.
tutdedarmawan-8061Sawah berbentuk seperti jaring laba-laba ini terletak di daerah Cancar, kabupaten Manggarai Flores. Bentuk sawah ini merupakan sistem pembagian sawah secara adat setempat yang disebut dengan lingko.
tutdedarmawan-8071Untuk menikmati pemandangan sawah di Cancar ini, kita harus mendaki sebuah bukit dengan menyusuri jalan tanah sejauh 15 menit dari parkiran kendaraan.

SUK_9631 copy

tutdedarmawan-8135Setelah berkendara seharian penuh, kami pun tiba di Labuan Bajo. Kota kecil ini terletak di pinggir pantai, dan pada malam hari banyak tempat makan seafood di pinggir jalan. Perut kami sudah lapar!!!

tutdedarmawan-8144

tutdedarmawan-8162Keesokan harinya, dengan semangat kami menuju pelabuhan Labuan Bajo dan mencari kapal dek yang telah kami pesan sebelumnya. Beruntung kami mendapat kapal dengan harga yang sangat murah. Per orang kami cuma perlu membayar 500 ribu rupiah untuk menikmati sailing trip ke pulau Komodo, Rinca, Pink Beach, dan Pulau Kelor, selama 2 hari 1 malam.

msamalsUntitled-1 tutdedarmawan-8243 Di dalam kapal dek ini terdapat 2 buah kamar dengan kasur bertingkat. Lumayan nyaman untuk tidur dengan bau solar dari mesin kapal ini :p Terdapat juga fasilitas kamar mandi lengkap dengan shower, dan toilet duduk. cukup bersih lah.tutdedarmawan-8271 Petualangan pun dimulai!tutdedarmawan-8307Beberapa kali kami berpapasan dengan kapal wisatawan lainnya.
tutdedarmawan-8323Setelah berlayar selama 4 jam dari Labuan Bajo, kami sampai di tujuan pertama kami. Ini dia pulau komodo! Welcome to Jurassic Park!

tutdedarmawan-8660tutdedarmawan-8360 Dermaga untuk pengunjung pulau Komodo. Untuk treking di pulau komodo, kami harus didampingi oleh seorang Ranger. Jasa panduan ranger ini sebesar 80ribu rupiah per kelompok wisatawan. Sedangkan tiket masuk per orangnya sebesar 20ribu rupiah. Menurut kami ini sangat murah untuk tujuan pariwisata kelas dunia ini.

msadsamalsUntitled-1tutdedarmawan-8378tutdedarmawan-8387Berjalan beberapa menit, akhirnya kami bertemu seekor KOMODO! Finally!!!tutdedarmawan-8392 Namun ranger kami memberitahu kami untuk tetap menjaga jarak dengan komodo karena komodo cenderung agresif. Seperti dilihat, komodo ini sedang menjulurkan lidahnya, tandanya dia sedang mencium calon mangsa disekitarnya. Mungkin aja kita. ahhaaa!
tutdedarmawan-8402 Komodo biasanya berburu secara tiba-tiba saat mangsanya lengah. Setelah ada kesempatan, komodo akan menggigit mangsanya dan membuat luka. Luka ini akan terinfeksi akibat air liur dari komodo ini yang mengandung berbagai bakteri letal yang mampu membunuh. Setelah beberapa hari mangsanya menjadi lemah, barulah komodo memakannya.tutdedarmawan-8404 tutdedarmawan-8409 tutdedarmawan-8418 tutdedarmawan-8429 tutdedarmawan-8434 tutdedarmawan-8450 tutdedarmawan-8453 tutdedarmawan-8462 Selain komodo, di taman nasional ini juga terdapat berbagai jenis satwa lainnya, seperti rusa, babi hutan, kerbau, reptil lain, serangga, dan berbagai jenis burung.

tutdedarmawan-8548Setelah beberapa menit berjalan, kami bertemu sekelompok komodo. Mereka memang suka nongkrong di dekat rumah panggung para ranger.tutdedarmawan-8618Ranger menceritakan, dulu ada seorang wisatawan asal swiss yang hilang di pulau ini. diperkirakan dia sudah menjadi menu makan siang para komodo disini. wihh serem juga ya.Komodo ternyata gak suka berenang. Para komodo ini gak akan bisa berenang ke pulau lain. Komodo hanya sesekali membasahi tubuhnya di air, atau mengejar mangsanya sampai pinggir air yang dangkal saja.
tutdedarmawan-8632Jejak komodo di pasir pantai
tutdedarmawan-8678 Setelah treking keliling pulau komodo, ternyata para kru kapal sudah menyiapkan makan siang untuk kami.tutdedarmawan-8685 tutdedarmawan-8723 tutdedarmawan-8732Tujuan kapal selanjutnya adalah pulau Rinca, sekitar 2 jam berlayar dari pulau Komodo.
tutdedarmawan-8748Dermaga pulau Rinca.tutdedarmawan-8749Komodo adalah binatang asli Indonesia dan hanya terdapat di Indonesia. Komodo di indonesia hanya terdapat di pulau Komodo dan pulau Rinca saja.

msmalsUntitled-1 Untuk treking di pulau Rinca, kami juga didampingi oleh seorang Ranger yang akan menjelaskan dan mengawasi kami dari komodo.

tutdedarmawan-8531Komodo di pulau Rinca memiliki ukuran yang lebih kecil dari di pulau Komodo. Namun pergerakan mereka lebih gesit dan cepat. Hal ini dikarenakan topografi pulau rinca yang berbukit, sehingga komodo disini harus mengejar mangsanya ke perbukitan.tutdedarmawan-8541tutdedarmawan-8817 tutdedarmawan-8836SUK_0083 copy
SUK_0087 copy aSUK_0068tutdedarmawan-8893 tutdedarmawan-8929Nggak terasa hari sudah senja, kami pun kembali naik ke kapal dek. malam ini kami bermalam di atas lautan Flores..
tutdedarmawan-8940 tutdedarmawan-9013 tutdedarmawan-9053 Pukul 7 pagi, kami bibuatkan nasi goreng oleh kru kapal. sambil sarapan, kapal kembali berlayar dengan tujuan pulau kelor.tutdedarmawan-9064 tutdedarmawan-9083Ini dia pulau kelor, sebuah pulau kecil yang kecil tanpa penghuni.
tutdedarmawan-9092 Tanpa pikir panjang, setelah kapal bersandar di daratan, kami langsung nyebur dari atas kapal. Byurrr… seger banget!

tutdedarmawan-9244tutdedarmawan-9111 tutdedarmawan-9229tutdedarmawan-9117
Setelah menghabiskan waktu beberapa jam di pulau Kelor, kami kembali ke pelabuhan di Labuan Bajo, Flores. Namun sebelum pulang ke Bali, kami sempat berkeliling kota Labuan Bajo, dan mengunjungi situs gua Batu Cermin. Disana kami menemukan gua dengan stalaktit yang sangat indah. 

Akhirnya sudah 5 hari kami berada di Flores, rasanya belum cukup waktu untuk menikmati indahnya Flores. Waktunya kami untuk kembali pulang. Banyak hal baru yang kami dapat dan pelajari di Flores. Flores menyimpan banyak potensi pariwisata menarik, mulai dari wisata alam, budaya, kuliner, dan petualangan. Wah…nggak sabar nih untuk menjelajahi daerah lainnya di Indonesia. Kemanya ya? tunggu aja di postingan selanjtnya. salam Melali Nusantara! (tutde darmawan)

Advertisements